Skip to main content

Regulasi MotoGP musim 2019 apa saja?

Sejumlah regulasi telah diperbarui Komisi Grand Prix, salah satunya perihal standar helm yang digunakan para pembalap MotoGP.


Di sela-sela penyelenggaraan MotoGP Malaysia, Komisi Grand Prix mengadakan pertemuan untuk membahas sejumlah peraturan kejuaraan dunia Grand Prix.


Rapat dihadiri Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports S.L.), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA). Hadir pula Carlos Ezpeleta (Dorna), Mike Trimby (IRTA, sekretaris pertemuan) serta Corrado Cecchinelli (Direktur Teknologi) pada 3 November 2018 lalu.

Berikut keputusan Komisi Grand Prix:

Regulasi Teknis – efektif musim 2019

Analisis Data – Kelas MotoGP
Direktur Teknis telah diberikan kewenangan mengunduh data langsung dari ECU ke “Official PC” untuk tujuan memverifikasi sebelum dimodifikasi dari rekaman aslinya. Setelah ditetapkan bahwa data sesuai dengan regulasi FIM, maka akan dihapus dari Official PC.

ECU dan Koneksi – Kelas MotoGP
Selain itu, ECU dan IMU resmi tim sekarang dibatasi hanya menggunakan decoupler CAN resmi terpadu yang juga tidak dapat dimodifikasi atau ditambah. Decoupler CAN terpadu dikategorikan sebagai "Perangkat Gratis".

Suhu Bahan Bakar Ambient – Kelas MotoGP
Waktu tunggu antara pengumuman suhu ambient resmi dan dimulainya balapan telah ditingkatkan dari 60 menjadi 75 menit. Ini demi memberi tim lebih banyak waktu untuk menyelesaikan proses pengisian bahan bakar.

Helm
Komisi Grand Prix menyetujui standar helm FIM baru yang ditetapkan oleh FIM untuk semua disiplin balap sirkuit. Ini berarti bahwa sekarang akan ada standar tunggal yang ditingkatkan untuk helm, menggantikan berbagai standar internasional yang digunakan sebelumnya (ECE, Snell and JIS). Tes homologasi helm sedang berlangsung dengan beberapa produsen yang telah menyelesaikan pengujian dan beberapa direncanakan dalam pekan ke depan. Target FIM adalah merilis daftar produsen helm yang telah disetujui melalui Program Homologasi Balap FIM dan dari mereka yang bekerja untuk mencapai ini pada MotoGP Valencia.

Komponen Rem
Spesifikasi yang lebih detail tentang material yang digunakan untuk koneksi selang rem dan silinder master rem telah disetujui.

Masalah Disipliner – efektif musim 2019

Mengebut di Pit Lane 
Denda karena mengebut di pit lane saat ini adalah 200 euro (setara 3,3 juta rupiah). Di masa depan, FIM MotoGP Stewards akan memiliki kemungkinan untuk menjatuhkan denda lebih besar atas pelanggaran berulang selama event yang sama. Steward juga akan memiliki hak menjatuhkan denda yang lebih tinggi atau hukuman lebih lanjut untuk kecepatan yang berlebihan atau beberapa pelanggaran berulang sepanjang musim.

sumber: Motorsport.com

Comments

Popular posts from this blog

Hafiz Syahrin resmi gabung tim independen Tech3 KTM musim 2019

Tech 3 telah menyelesaikan line-up untuk musim MotoGP pertamanya dengan sepeda KTM pada tahun 2019 dengan menandatangani kembali rookie Malaysia Hafizh Syahrin. Hafiz Syahrin pembalap berbakat Malaysia yang tampil terbaik di kelas rookie motogp 2018 Tim Indenpenden Perancis itu akan mengakhiri kemitraan jangka panjang dengan Yamaha dalam mendukung kesepakatan untuk menjalankan sepeda motor KTM RC16 spesifikasi pabrik tahun depan. Sebelumnya telah diumumkan KTM junior Miguel Oliveira sebagai salah satu dari tahun 2019 pembalapnya, dan sekarang telah menegaskan Syahrin bersama Pria Portugis itu . Syahrin, yang menghabiskan empat musim penuh di Moto2 antara 2014 dan 2017, adalah tambahan terlambat untuk grid MotoGP tahun ini, setelah penyakit diderita  Jonas Folger dan keputusan berikutnya untuk duduk di musim 2018 memaksa Tech 3 berebut untuk mencari pengganti dalam waktu singkat . "Saya sangat senang mendapatkan kesempatan ini, bahkan saya merasa hampir menangis untuk bersukacita,...

Bos Honda sebut Rossi belum bisa terima kenyataan eranya usai

Valentino Rossi tampak masih sulit menerima kenyataan bahwa masa jayanya telah usai. Hal tersebut diungkapkan bos Repsol Honda, Alberto Puig. Rossi merupakan salah satu pembalap motor terbaik sepanjang masa dengan koleksi tujuh gelar MotoGP, namun The Doctor tak dapat menambah jumlah titelnya sejak 2009. Pada 2015, saat Rossi hanya berjarak lima poin dari gelar kedelapannya, ia membangun rivalitas dengan Marc Marquez, juara MotoGP 2018, titel kelimanya dari enam tahun terakhir. Hubungan keduanya langsung memburuk setelahnya, dan Puig, bos Repsol Honda awal tahun ini, menganggap Rossi sebagai pemicu rivalitas dengan Marquez. “Valentino adalah pembalap luar biasa, saya sangat menghormatinya. Dengan umurnya saat ini [39], ia masih memiliki hasrat dan talenta untuk melaju kencang. Dan ia tak menerima tak bisa menang,” ujar Puig kepada surat kabar harian Spanyol, La Vanguardia. “Namun, ia kesulitan menerima bahwa masanya telah berakhir. Terkadang, cara yang dilakukannya tidaklah benar. Tida...

Jadwal sementara peluncuran motor dan tim motogp (2019-2020)

Motogp musim 2019 akan dimulai 3 bulan lagi dan  para tim telah mempersiapkan motor dan joki mereka ke publik. Ducati akan memperkenalkan motor baru mereka, Desmosedici GP19, pada 18 Januari mendatang di Neuchatel, Swiss. Seperti musim 2018, Ducati menjadi pabrikan pertama yang memperkenalkan motor anyar mereka. Namun berbeda dari sebelumnya, acara peluncuran akan dihelat di markas Phillip Morris, sponsor utama skuat Borgo Panigale. aksi start motogp Danilo Petrucci akan diperkenalkan pertama alinya sebagai pembalap pabrikan Ducati, menggantikan Jorge Lorenzo. Petrux mendampingi Andrea Dovizioso, runner-up dua musim terakhir. Tim yang paling dinantikan kiprahnya musim depan, Repsol Honda, akan meluncurkan motor sekaligus rekrutan baru, Jorge Lorenzo, tanggal 23 Januari di Madrid, bukan Jakarta seperti dua tahun terakhir. Namun, Indonesia tetap menjadi magnet bagi pabrikan MotoGP memperkenalkan tunggangan baru mereka. Kali ini giliran Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang akan m...