Skip to main content

Perubahan Regulasi Penting MotoGP 2019

Apa saja aturan yang telah dirubah oleh dewan komisi Motogp untuk musim 2019 berdasarkan kejadian dari musim sebelumnya .Bagian yang dirubah adalah  klasifikasi hasil balapan, pembalap pengganti, dimulai kembali setelah balapan terganggu/terhenti  dan banyak lagi yang digariskan untuk musim ini




Dalam sebuah pertemuan yang diadakan di Madrid pada 30 November 2018 yang lalu, Dorna Chairman Carmelo Ezpeleta bergabung dengan sesama anggota Komisi Grand Prix, Paul Duparc (FIM), Takanao Tsubouchi (MSMA) dan Mike Trimby (IRTA), serta Carlos Ezpeleta (Dorna), Corrado Cecchinelli (Direktur Teknologi), Mike Webb (Direktur Lomba) dan Danny Aldridge (Direktur Teknik) hadir untuk memutuskan perubahan penting pada peraturan MotoGP ™ 2019.
Peraturan baru ini berlaku efektif sejak musim 2019 nanti .Berikut penjelasan tentang perubahan tersebut: 

Klasifikasi Hasil Balapan
Sebelumnya, agar memenuhi syarat sebagai finisher, pengendara harus berhubungan dengan mesinnya ketika melintasi garis finish. Ada situasi ketika, karena kecelakaan, pengendara dan mesin telah melewati batas secara terpisah. Di masa depan, waktu selesai akan ditentukan oleh bagian pertama dari pengendara atau sepeda motornya, yang mana melintasi garis finish terakhir.


Pembalap  Pengganti
Terkadang tim Moto3 ™ atau Moto2 ™ akan menggantikan yang cedera dengan pengendara yang dikontrak untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan lain, misalnya, FIM CEV. Di masa depan, pembalap seperti itu akan diizinkan untuk memenuhi kewajiban masuk mereka di seri lainnya dan melacak aktivitas di acara-acara tersebut tidak akan dihitung sebagai hari tes pembalap untuk kelas GP dan dapat berlangsung dalam 14 hari dari acara GP di sirkuit yang sama.

Pengendara diklasifikasi untuk Memulai Ulang
Balapan yang terganggu

Untuk menetapkan kriteria yang lebih jelas di mana pengendara dapat memulai kembali balapan yang terganggu, klarifikasi tertentu terhadap peraturan disetujui. Dikonfirmasi bahwa pengendara dapat memperoleh bantuan dari marsal untuk menghidupkan kembali mesin atau untuk memindahkan motor ke jalur, lintasan 

Untuk keperluan peraturan yang meliputi hal ini "aktif" dan "aktif bersaing" didefinisikan sebagai pengendara yang naik di trek, atau mencoba untuk memperbaiki / menghidupkan kembali mesin, atau untuk bergabung kembali ke trek atau kembali ke pit lane. The FIM MotoGP ™ Stewards akan menjadi satu-satunya hakim apakah pengendara secara aktif bersaing dan penilaian tersebut tidak dikenakan banding.

Pelanggaran Bendera Kuning
Ketika perubahan hukuman posisi dikenakan karena lewat di bawah bendera kuning, atau untuk pelanggaran lainnya, informasi akan dikomunikasikan melalui tampilan dasbor dan di garis finish selama maksimum tiga lap. (Sebelumnya lima lap).

Aturan Penyalaan Mesin 
Untuk alasan keamanan, tidak diizinkan untuk menghidupkan mesin motor balap di dalam kotak pit setiap saat. Mesin harus dimulai di pit lane.


Poin Konsesi - Kelas MotoGP
Ketika seorang Produsen mendapatkan poin konsesi yang cukup untuk kehilangan konsesi, maka hak untuk menguji pengendara untuk menguji di setiap sirkuit GP dibatalkan. Peraturan telah diklarifikasi untuk menentukan bahwa ini berlaku untuk pengujian di musim berikutnya ketika pabrikan harus mencalonkan tiga sirkuit GP saat ini untuk pengujian.

Agar produsen yang hanya mengumpulkan poin konsesi secara spasmodik tidak kehilangan konsesi setelah beberapa tahun, telah diputuskan bahwa titik-titik konsesi akan berakhir pada ulang tahun kedua dari tanggal ketika poin diperoleh.

Generator digunakan pada Grid
Saat ini, peraturan membatasi penggunaan untuk generator yang dibawa tangan dengan output maksimum 2 kW. Praktek saat ini adalah untuk generator untuk dimasukkan ke dalam  kotak peralatan, roda cadangan dan peralatan lainnya.

Peraturan Teknis - Efektif Segera
Peraturan Teknis Kelas Moto2 ™
Untuk mengenali perubahan pemasok mesin dari Honda ke Triumph, peraturan teknis untuk kelas ini telah dimodifikasi. Rincian lengkap akan tersedia dalam beberapa hari ke depan dalam peraturan resmi yang diterbitkan pada baris oleh FIM.

Alokasi Ban
Setelah berkonsultasi dengan Komisi Keselamatan dan pemasok resmi ban, perubahan berikut telah dilakukan pada alokasi ban:
Kelas MotoGP ™

Alokasi standar ban hujan akan meningkat dari 11 menjadi 13 menjadi enam ban depan dan tujuh ban belakang.

Kelas Moto3 ™ dan Moto2 ™

Di kelas-kelas ini, jumlah ban hujan tidak terbatas. Namun, pemasok resmi sekarang harus memiliki minimal empat set ban hujan per pengendara.

Peraturan Disiplin - Efektif Segera
Hukuman tidak dikenakan banding
Kode Disiplin berisi daftar hukuman yang tidak dikenakan banding, biasanya hukuman yang diberikan selama perlombaan. Namun, Pelayan FIM juga dapat menerapkan hukuman waktu sebagai pengganti hukuman lainnya, biasanya ketika penalti standar (misalnya posisi perubahan, naik melalui jalur pinalti, dll) tidak dapat dipenuhi karena tidak cukup waktu tersisa dalam lomba. Peraturan yang mencakup hal-hal tersebut kini telah diubah sehingga ketika hukuman waktu diberikan sebagai pengganti hukuman yang tidak dapat diajukan, hukuman waktu juga menjadi tidak dapat diajukan banding.


Sumber: motogp.com

Comments

Popular posts from this blog

Hafiz Syahrin resmi gabung tim independen Tech3 KTM musim 2019

Tech 3 telah menyelesaikan line-up untuk musim MotoGP pertamanya dengan sepeda KTM pada tahun 2019 dengan menandatangani kembali rookie Malaysia Hafizh Syahrin. Hafiz Syahrin pembalap berbakat Malaysia yang tampil terbaik di kelas rookie motogp 2018 Tim Indenpenden Perancis itu akan mengakhiri kemitraan jangka panjang dengan Yamaha dalam mendukung kesepakatan untuk menjalankan sepeda motor KTM RC16 spesifikasi pabrik tahun depan. Sebelumnya telah diumumkan KTM junior Miguel Oliveira sebagai salah satu dari tahun 2019 pembalapnya, dan sekarang telah menegaskan Syahrin bersama Pria Portugis itu . Syahrin, yang menghabiskan empat musim penuh di Moto2 antara 2014 dan 2017, adalah tambahan terlambat untuk grid MotoGP tahun ini, setelah penyakit diderita  Jonas Folger dan keputusan berikutnya untuk duduk di musim 2018 memaksa Tech 3 berebut untuk mencari pengganti dalam waktu singkat . "Saya sangat senang mendapatkan kesempatan ini, bahkan saya merasa hampir menangis untuk bersukacita,...

Bos Honda sebut Rossi belum bisa terima kenyataan eranya usai

Valentino Rossi tampak masih sulit menerima kenyataan bahwa masa jayanya telah usai. Hal tersebut diungkapkan bos Repsol Honda, Alberto Puig. Rossi merupakan salah satu pembalap motor terbaik sepanjang masa dengan koleksi tujuh gelar MotoGP, namun The Doctor tak dapat menambah jumlah titelnya sejak 2009. Pada 2015, saat Rossi hanya berjarak lima poin dari gelar kedelapannya, ia membangun rivalitas dengan Marc Marquez, juara MotoGP 2018, titel kelimanya dari enam tahun terakhir. Hubungan keduanya langsung memburuk setelahnya, dan Puig, bos Repsol Honda awal tahun ini, menganggap Rossi sebagai pemicu rivalitas dengan Marquez. “Valentino adalah pembalap luar biasa, saya sangat menghormatinya. Dengan umurnya saat ini [39], ia masih memiliki hasrat dan talenta untuk melaju kencang. Dan ia tak menerima tak bisa menang,” ujar Puig kepada surat kabar harian Spanyol, La Vanguardia. “Namun, ia kesulitan menerima bahwa masanya telah berakhir. Terkadang, cara yang dilakukannya tidaklah benar. Tida...

Jadwal sementara peluncuran motor dan tim motogp (2019-2020)

Motogp musim 2019 akan dimulai 3 bulan lagi dan  para tim telah mempersiapkan motor dan joki mereka ke publik. Ducati akan memperkenalkan motor baru mereka, Desmosedici GP19, pada 18 Januari mendatang di Neuchatel, Swiss. Seperti musim 2018, Ducati menjadi pabrikan pertama yang memperkenalkan motor anyar mereka. Namun berbeda dari sebelumnya, acara peluncuran akan dihelat di markas Phillip Morris, sponsor utama skuat Borgo Panigale. aksi start motogp Danilo Petrucci akan diperkenalkan pertama alinya sebagai pembalap pabrikan Ducati, menggantikan Jorge Lorenzo. Petrux mendampingi Andrea Dovizioso, runner-up dua musim terakhir. Tim yang paling dinantikan kiprahnya musim depan, Repsol Honda, akan meluncurkan motor sekaligus rekrutan baru, Jorge Lorenzo, tanggal 23 Januari di Madrid, bukan Jakarta seperti dua tahun terakhir. Namun, Indonesia tetap menjadi magnet bagi pabrikan MotoGP memperkenalkan tunggangan baru mereka. Kali ini giliran Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang akan m...